Pilkada Kabupaten Bekasi Tanpa Calon Independen, Syaratnya Terlalu Berat

Pilkada Kabupaten Bekasi Tanpa Calon Independen, Syaratnya Terlalu Berat

--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Gelaran Pilkada Kabupaten Bekasi pada 27 November 2024 dipastikan tidak diramaikan calon bupati dan calon wakil bupati dari jalur independen.

Peluang calon perseorangan atau independen untuk ikut berlaga dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Bekasi yang akan digelar para 27 November 2024 mendatang dinilai memberatkan paslon.

Pasangan Asep Saepulloh dan Bay Maria Ulfa dinyatakan gagal sebagai bakal calon Bupati dan wakil Bupati Bekasi 2024-2029 jalur independen.

BACA JUGA:Kisah Zulfikar, Mahasiswa 19 Tahun Asal Tambora Jadi Jemaah Haji Termuda, Gantikan Ayahnya yang Sakit

KPU Kabupaten Bekasi menyatakan kegagalan mereka karena dokumen yang dipersyaratkan terkait jumlah pendukung tidak memenuhi syarat.

H. Darun Darmadi, Ketua Tim Pemenangan Asep Saepulloh - Bay Maria Ulfa, buka suara. Ia mengaku merasa dipersulit lantaran sejumlah alur mekanisme sebelum mendaftar jalur independen di KPU Kabupaten Bekasi banyak aturan yang berubah-ubah. 

BACA JUGA:Elkan Baggott Tetap Berpegang Pada Prinsip Untuk Tidak Terpancing Emosi

"Padahal setiap warga Indonesia memiliki hak sama. Kondisi ini berbeda dengan pendaftar bakal pasangan calon yang diusung oleh partai, mereka lebih dimudahkan," kata Darun kepada Cikarang Ekspress pada Rabu 15 Mei 2024.

Misalnya saja, entry data pada sistem Silon yang masih tidak stabil.  kata Darun,  Dalam waktu empat hari, bakal calon diminta upload dan itu sangat mustahil dilakukan pihaknya .

"Dengan kondisi sistem tidak stabil sementara puluhan ribu data harus terupload. Belum lagi masalah verifikasi dan segala macamnya terlebih banyak aturan yang keluar mendadak," kata dia.

BACA JUGA:Disdukcapil Karawang Gelar Layanan Adminduk Terhadap Para Siswa BLK

Darun berharap, ke depan, persyaratan dukungan melalui jalur perseorangan ini dipermudah untuk memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat maju sebagai calon bupati melalui jalur nonpartai.

"Syaratnya cukup berat. Di awal saja sudah mengeluarkan biaya yang cukup besar karena syarat harus disertai dengan meterai," katanya.

BACA JUGA:Drakor Missing Crown Prince episode 10 Sub Indo, Link Resmi & Sinopsis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: